Jumat, 10 Oktober 2014

Adu Canggih Asisten Pribadi iPhone & Windows Phone

Asisten pribadi virtual sekarang ini sepertinya menjadi salah satu alternatif lain untuk pengoperasian pada perangkat ponsel pintar. Yang terbaru dan diklaim memiliki kecerdasan tinggi adalah milik Microsoft, yaitu Cortana. Namun pintar mana dengan asisten pribadi iPhone, yakni Siri? Teknologi Terbaru
Adu Canggih Asisten Pribadi iPhone & Windows Phone

Mengutip laporan Mashable, Senin (21/4/2014), yang melakukan perbandingan antara dua asisten pribadi tersebut dalam merespon ucapan dari sang empunya. Pengujian dilakukan dengan perintah suara kepada masing-masing asisten pribadi dengan pertanyaan yang sama, dan melihat lebih canggih mana jawaban dari kedua asisten virtual tersebut.

Ujian yang diberikan seperti perintah untuk membuat janji, mencari tahu tentang restoran, menjalankan aplikasi dan lainnya. Secara umum keduanya sama-sama baik dalam mendengar apa yang diucapkan oleh pengguna, namun respon atas perintah atau pertanyaan itu berbeda.

Seperti pada perintah untuk membuat janji, kedua asisten virtual Siri atau Cortana itu tak memberikan hasil yang memuaskan. Siri maupun Cortana mengalami kesulitan atas perintah dan menjawabnya dengan tidak benar. 

Sedangkan saat ditanya mengenai sebuah restoran, Cortana dari Windows Phone 8.1 lebih unggul. Pasalnya asisten virtual ini bisa memberikan rekomendasi tempat lengkap beserta jarak dari tempat pengguna, menu, hingga nomor telefon restoran. 

Sementara Siri tak tahu harus menyarankan apa kepada pengguna. Begitu pun saat ditanya mengenai acara apa saja yang ada pada hari ini. Hanya Cortana yang mampu memberikan jadwal acara beserta waktunya.

Untuk perintah membuka aplikasi, kedua asisten virtual ini bisa melakukannya. Namun pada Cortana terdapat sedikit kesalahan maksud pada perintah untuk membuka aplikasi Evernote. Siri lebih baik dalam hal ini.

Pada perintah untuk menjalankan mode penerbangan, Siri sedikit melakukan komplain dalam hal ini. Ia bilang, jika pengguna memilih mode penerbangan maka Siri tak akan aktif. Berbeda dengan Cortana yang manut saja menerima perintah tuannya. 

Dari kesemua tes di atas, maka terlihat bahwa Cortana lebih unggul dengan jawaban yang lebih spesifik, terdata, serta terjadwal. Tak heran, pasalnya Microsoft mengklaim menanamkan artificial intelegence pada Cortana untuk mempelajari segala hal tentang tuannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar